LAPORAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI KABID, KASI DAN STAF BIDANG PERDAGANGAN LUAR NEGERI

 DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROPINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2011  

KEPALA BIDANG

PERDAGANGAN LUAR

NEGERI

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT    : SUGIRI, SH, MH

NAMA JABATAN    : KEPALA BIDANG PERDAGANGAN LUAR NEGERI

URAIAN JABATAN           

 

 

a.  Ikhtisar Jabatan :

 

Penyiapan bahan dan perumusan Kebijakan teknis, fasilitas, koordinasi serta pembinaan teknis di Bidang Pengembangan Ekspor, Impor serta Pengembangan   Pasar luar Negeri.

 

b.  Rincian Tugas :

 

  1. Penyusunan program kerja di Bidang Perdagangan Luar Negeri
  2. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi,   koordinasi serta pembinaan   teknis di Bidang Ekspor.
  3. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis,  fasilitasi,koordinasi serta pembinaan teknis di Bidang Impor
  4. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis di Bidang PengembanganL uar Negeri
  5. Pelaksanaan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan pengembangan perdagangan luar negeri.
  6. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan tugas di Bidang Perdagangan Luar Negeri.
  7. Pelaksanaan tugas lain di bidang perdagangan luar negeri yang diserahkan oleh Kepala Dinas.

 

c. Prosedur kerja :

 

  1. Menyusun rencana kegiatan di Bidang Perdagangan Luar Negeri
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan.
  3. Menyiapkan data dan bahan untuk kebijakan kadis
  4. Menganalisis kegiatan Bidang Perdagangan Luar Negeri
  5. Mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana dan Program Bidang Perdagangan Luar Negeri
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan Tugas Bidang Perdagangan Luar Negeri kepada Kepala Dinas

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. Memahami tugas pokok dan fungsi di Bidang Perdagangan Luar Negeri dan Peraturan Perundang-undangan serta ketentuan lainnya
  2. Rencana Kegiatan Bidang Perdagangan Luar Negeri.
  3. Bahan Bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan Bidang Perdagangan Luar Negeri.
  4. Berkembangnya Perdagangan yang berorientasi ekspor.
  5. Bahan pembinaan dan pengarahan serta petunjukt eknis pengembangan pasar luar negeri.
  6. Bahan peningkatan kemampuan pengusaha dalam melaksanakan kegiatan Perdagangan Luar Negeri
  7. Hasil pelaksanaan rencana dan program pembinaan dan pengendalian kegiatan perdagangan luar negeri meliputi faktor pendukung dan hambatan serta saran perbaikan atau pemecahan masalah.
  8. Hasil  pemantauan dan evaluasi Pelaksanaan kebijakan teknis Perdagangan Luar Negeri
  9. Hasil evaluasi terhadap perdagangan Luar Negeri baik Ekspor maupun Impor maupun melalui pameran-pameran.

 

 

KEPALA SEKSI EKSPOR

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT          : EKO DARMAWANSYAH, S.ST

NAMA JABATAN          : KEPALA SEKSI EKSPOR

URAIAN JABATAN

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan ekspor

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Penyusunan program kerja di Seksi Ekspor.
  2. Pengumpulan dan pengolahan bahan perumusan kebijakan dan pembinaan teknis ekspor.
  3. Pelaksanaan pengawasan mutu-mutu, perizinan ekspor dan analisis iklirn usaha.
  4. Pelaksanaan peningkatan kerjasama dengan dunia usaha di bidang ekspor.
  5. Pelaksanaan fasilitasi dan koordinasi sesuai dengan lingkup tugasnya.
  6. Penyusunan bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang ekspor.
  7. Pelaksanaan tugas lain di bidang ekspor yang diserahkan oleh Kepala Bidang.

 

c. Prosedur kerja

 

  1. menyusun rencana kegiatan di seksi eksor
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan
  3. Menyiapkan data dan bahan untuk penerbitan izin Ekspor
  4. Mengumpulkan dan mengolah serta menganalisis kegiatan Ekspor
  5. Mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana dan Program Seksi Ekspor
  6. Melaporkan hasil pelaksanaa Tugas Seksi Ekspor kepada Kepala Bidang

 

d. Ilasil Kerja :

 

  1. Memahami peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya
  2. Rencana Kegiatan Seksi Ekspor
  3. Bahan Bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan   kegiatan ekspor
  4. Berkembangnya Nilai Ekspor Kalbar
  5. Bahan pembinaan dan pengarahan  serta petunjuk teknis perdagangan luar  negeri
  6. Bahan peningkatan kemampuan pengusaha dalam melaksanakan kegiatan perdagangan luar negeri
  7. Hasil pelaksanaan rencana dan program pembinaan dan pengendalian kegiatan ekspor, meliputi faktor-faktor pendukung dan hambatan serta saran perbaikan atau pemecahan masalah.
  8. Hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan teknis perdagangan Internasional dalam hal ekspor.
  9. Data primer realisasi  ekspor

10. Data primer realisasi ekspor Kalbar berdasarkan pengguna SKA

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            : RESMINARNO

NAMA JABATAN           : STAF SEKSI EKSPOR

URAIAN JABATAN       

 

 

a. lkhtisar Jabatan :       

 

Membantu mengumpulkan dan menyusun data ekspor dan membantu menyiapkan bahan perizinan ekspor.

 

b. Rincian Tugas :

 

1.  Membantu penyusunan dan pengetikan rencana program kegiatan Seksi  Ekspor sebagai acuan pelaksanaan tugas.

2.  Menerima tugas dari atasan dan melaksanakannya

3.  Menerima petunjuk dari atasan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik.

4.  Menbantu menyusun dan pengetikan bahan bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan ekspor

5.  Membantu pengelolaan,  pembinaan dan pengembangan ekspor

6.  Membantu penyusunan bahan peningkatan kemampuan pengusaha dalam melaksanakan kegiatan perdagangan luar negeri.

7.  Membantu mengumpulkan, mengolah dan menganalisa pemantauan evaluasi terhadap kegiatan eksportir.

8.  Menyimpan data ekspor dan arsip eksportir secara baik dan aman

9.  Membuat laporan pelaksanaan tugas.

10. Melaksanakan tugas lain sesuai yang diserahkan Kepala Seksi

 

 

c. Prosedur Kerja :

 

Menerima dan melaksanakan tugas dari atasan dengan baik sesuai petunjuk serta bimbingan atasan dan menyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, serta membantu tugas lainya yang belum diselesaikan.

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. Tersedianya Konsep rencana kegiatan Seksi Ekspor
  2. Tersedianya konsep bahan bimbingan teknis, pembinaan iklim  usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan ekspor
  3. Tersedianya data Perkembangnya Nilai Ekspor Kalbar
  4. Tersedianya konsep bahan pembinaan dan pengarahan serta petunjuk teknis    pengembanganp asar luar negeri
  5. Tersedianya konsep bahan peningkatan kemampuan pengusaha dalam melaksanakan  kegiatan perdagangan terutama kemampuan manajemen perdagangan luar negeri.
  6. Konsep laporan pelaksanaan tugas.

 

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            : BAMBANG SANTOSO

NAMA JABATAN           : STAF SEKSI EKSPOR

URAIAN JABATAN       

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Mengumpulkan dan menyusun data ekspor dan menyiapkan bahan perizinan ekspor.

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Membantu penyusunan rencana kegiatan Seksi Ekspor sebagai acuan        pelaksanaan tugas
  2.  Menerima tugas dari atasan dan melaksanakannya
    1. Menerima petunjuk dari atasan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik
    2. Membantu menyusun konsep bahan bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan ekspor
    3. Membantu  mengumpulkan, mengolah , menganalisa dan mengevaluasia data ekspor yang, menggunakan SK A.
    4. Memberikan pelayanan kepada eksportir yang membutuhkan blangko SKA.
    5. Mengarsipkan lembar III dan IV SKA yang sudah diberikan kepada eksportir beserta dokumen pendukung lainnya.
    6. Membuat laporan pelaksanaan tungas.
    7. Melaksanakan tugas lain sesuai yang diserahkan Kepala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

Menerima tugas dari atasan, melaksanakannya dengan baik sesuai petunjuk serta bimbingan atasan dan menyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, serta membantu tugas lainnya yang belum diselesaikan.

 

 

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. Tersedianya konsep Rencana kegiatan Seksi  Ekspor
  2. Tersedianya konsep Bahan bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan ekspor
  3. Tersedianya data Eksportir yang menggunakan SKA
  4. Rekapitulasi data ekspor berdasarkan SKA yang masuk
  5. Arsip SKA tertata rapi maupun data ekspor yang menggunakan SK A per negara tujuan.

 

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            : YOISE ANRA, SP

NAMA JABATAN           : STAF SEKSI EKSPOR

URAIAN JABATAN       

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Mengumpulkan dan mengklasifikasikan data ekspor berdasarkan jenis barang dan negara asal per bulan sebagai bahan informasi dan laporan secara baik dan benar

 

b. Rincian Tugas:

 

  1. Mengumpulkan dan mengklasifikasikan data ekspor per bulan sesuai jenis barang dan negara sebagai bahan laporan
  2. Mengolah data ekspor sesuai dengan pengelompokan jenis barang dan negara sebagai bahan pembanding realisasi ekspor Kalbar
  3. Menyajikan tabulasi data ekspor sesuai pengelompokan barang
  4. Mengentry data ekspor dan perkembangannya setiap bulan Mentabulasi data ekspor dan perkembangan eksportir setiap bulan sebagai bahan laporan seksi ekspor
  5. Menyimpan data ekspor dan arsip eksportir secara baik dan aman
  6. Membuat laporan pelaksanaan tugas.
  7. Memeriksa kelengkapan pengajuan permohonan SKA dari Eksportir.
  8. Mengolah data ekspor per negera tujuan berdasarkan SKA yang diterbitkan
  9. Membuat laporan SKA yang diterbitkan setiap bulannya.

10.  Membuat laporan pelaksanaan tugas

11.  Melaksanakan tugas lain yang diserahkan oleh Kepala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

Mengumpulkan, mengklasifikasi, mengolah, mengentry, mentabulasi dan menyajikan data ekspor dan eksportir secara rapi dan aman dan membuat laporan pelaksanaan tugas.

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. Tersedianya konsep Data perkembangan ekspor
  2. Tabulasi data Perkembangan Eksportir
  3. Tersusunnya dokumen Eksportir secara baik dan aman
  4. Laporan Pengumpul dan Pengolah data eksportir
  5. Tersedianya data ekspor berdasarkan SKA yang terbit

 

 

 

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            :  DARIYATMO

NAMA JABATAN           :  STAF SEKSI EKSPOR

URAIAN JABATAN       

 

a. lkhtisar Jabatan  :

 

Mengumpulkan dan menyusun data ekspor dengan pemberian nomor dan pengecapan perizinan ekspor.

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Membantu penyusunan program rencana kegiatan Seksi Ekspor sebagai acuan pelaksanaan tugas.
  2. Menerima tugas dari atasan dan melaksanakannya
  3. Menerima petunjuk dari atasan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik
  4. Menbantu menyusun bahan bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan ekspor
  5. Membantu mengumpulkan, mengolah dengan pemberian nomor dan pengecapan data ekspor yang menggunakan SKA.
  6. Membantu mernberikan pelayanan kepada eksportir yang membutuhkan blangko SKA.
  7. Membantu mengarsipkan lembar III dan IV SKA yang sudah diberikan kepada eksportir beserta dokumen pendukung lainnya.
  8. Membuat laporan pelaksanaan tugas.
  9. Melaksanakan tugas lain sesuai yang diserahkan oleh Kepala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

Menerima tugas dari atasan, melaksanakannya dengan baik sesuai petunjuk serta bimbingan atasan dan rnenyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, serta membantu tugas lainnya yang belum diselesaikan.

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. Rencana kegiatan Seksi Ekspor
  2. Konsep bahan bimbingan teknis, pembinaan iklim  usaha,  peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan ekspor
  3. Tersedianya data Perkembangnya nilai ekspor Kalbar
  4. Rekapitulasi data ekspor berdasarkan SKA yang masuk
  5. Arsip SKA tertata rapi maupun data ekspor yang menggunakan SKA

 

 

KEPALA SEKSI IMPOR

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            : SUHARTO, SH, MH

NAMA JABATAN           : KEPALA SEKSI IMPOR

URAIAN JABATAN       

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan impor

 

b. Rincian Tugas :

 

  1.  Penyusunan program kerja di Seksi Impor
    1. Pengumpulan dan pengolahan bahan perumusan kebijakan dan pembinaan teknis pengembangan kegiatan impor.
    2. Pelaksanaan pengawasan mutu-mutu, perizinan impor dan analisis iklim usaha.
    3. Pelaksanaan peningkatan kerjasama dengan dunia usaha di bidang impor
    4. Pelaksanaan fasilitasi dan koordinasi sesuai dengan lingkup tugasnya.
    5. Penyusunan bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang impor
    6. Pelaksanaan tugas lain di bidang impor yang diserahkan oleh Kepala Bidang

 

c. Prosedur Kerja :

 

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi lmpor
    1. Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan.
    2. Menyiapkan data dan bahan penerbitan izin impor.
    3. Mengumpulkan dan mengolah serta menganalisis kegiatan impor.
    4. Mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana dan program.
    5. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. Memahami peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya
  2. Rencana Kegiatan Seksi Impor
  3. Tersedianya Bahan Bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan kegiatan impor
  4. Tersedianya data Perkembangnya Nilai Impor Kalbar
  5. Tersedianya Bahan pembinaan dan pengarahan serta petunjuk teknis perdagangan luar negeri
  6. Bahan peningkatan kemampuan pengusaha dalam melaksanakan kegiatan perdagangan luar negeri
  7. Tersedianya hasil pelaksanaan rencana dan prograrn pembinaan dan pengendalian kegiatan impor, meliputi faktor-faktor pendukung dan hambatan serta saran perbaikan atau pemecahan masalah.
  8. Tersedianya hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan teknis perdagangan lnternasional dalam bidang impor
  9. Data primer realisasi impor

10.  Data primer realisasi impor Kalbar berdasarkan pengguna API

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            : A. ZULKIFLIE, B.CHk

NAMA JABATAN           : STAF SEKSI IMPOR

URAIAN JABATAN       

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Mengumpulkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan impor, meneliti persyaratan, mengolah data sebagai bahan Penerbitan Angka Pengenal Importir ( API ) serta bahan laporan.

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Mengumpulkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan impor sebagai bahan referensi konsep pembinaan dan pengendalian impor.
  2. Meneliti persyaratan permohonan perusahaan yang masuk untuk memperoleh Angka Pengenal Importir berdasarkan ketentuan yang berlaku.
  3. Mengisi data pada blanko Angka Pengenal Importir ( API ) untuk perusahaan yang siap diterbitkan.
  4. Mengolah data hasil pemeriksaan perusahaan dilapangan tentang kebenaran jenis komoditi, barang yang diimpor sebagai bahan penyusunan rekomendasi kepada instansi terkait.
  5.  Membuat laporan pelaksanaan tugas.
  6. Melaksanakan tugas lain sesuai yang diserahkan kapala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

Mengumpulkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan impor, meneliti persyaratan permohonan perusahaan, mengolah data hasil pemeriksaan data perkembangan impor serta membuat laporan pelaksanaan tugas.

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. Kumpulan peraturan perundang-undangan dan ketentuani mpor
  2. Data perkembangan Lintas Batas
  3. Tersedianya Data hasil pemeriksaanp erusahaan
  4. Tersedianya Data Perkembangan Importir di Kalbar
  5. Laporan Pengumpul dan Pengolah data impor.

 

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            :  SUKIRAH

NAMA JABATAN           :  STAF SEKSI IMPOR

URAIAN JABATAN       

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Membantu mengumpulkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan

impor persyaratan,  sebagai bahan laporan seksi lrnpor

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Membantu mengumpulkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan impor sebagai bahan referensi konsep pembinaan dan pengendalian impor.
  2. Membantu meneliti persyaratan permohonan perusahaan yang masuk untuk memperoleh Angka Pengenal Importir berdasarkan ketentuan yang berlaku.
  3. Membantu mengolah data hasil pemeriksaan perusahaan dilapangan tentang kebenaran jenis komoditi/barang yang diimpor sebagai bahan penyusunan rekomendasi kepada instansi terkait.
  4. Mencatat data perkembangan perusahaan pemilik Angka Pengenal Importir per Kabupaten/Kota se- Kalimantan Barat
  5. Mengumpulkan data perkembangan perdagangan lintas batas sebagai bahan kajian
  6. Menyimpan peraturan perundang-undangan dan ketentuan impor secara baik dan benar
  7. Membuat laporan pelaksanaan tugas.
  8. Melaksanakan tugas lain yang diserahkan oleh Kepala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

Mengumpulkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan impor, mencatat data perkembangan importir serta membuat laporan pelaksanaan tugas.

 

d. Hasil Kerja :

 

1.   Kumpulan peraturan perundang-undangan dan ketentuan impor

2.   Data perkembangan Lintas Batas

3.   Data hasil pemeriksaan perusahaan

4.   Data Perkembangan Importir di Kalbar

5.   Laporan Pengumpul dan Pengolah data impor.

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            :  SLAMET RIADI

NAMA JABATAN            : STAF SEKSI IMPOR

URAIAN JABATAN       

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Membantu mengumpulkan peraturan perundang-undangan dan ketentuan

impor persyaratan,  sebagai bahan laporan seksi lrnpor

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Menghimpun data sebagai bahan untuk penyusunan program kerja di Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  2. Membantu mengecek persyaratan permohonan yang masuk untuk memperoleh API
  3. Mengetik data importir berdasarkan API yang telah diterbitkan
  4. Mencatat permohonan API sesuai persyaratan/ check list yang tersedia
  5. Menyimpan arsip API sesuai abjad untuk memudahkan pencarian dokumen apabila dibutuhkan.
  6. Melaksanakan tugas lain sesuai petunjuk atasan

 

c. Prosedur Kerja :

 

  1. Mengetik data sebagai bahan penyusunan kegiatan Seksi Impor
  2. Melaksanakan tugas, yang diperintahkan atasan.
  3. Menyiapkan data dan bahan penyuluhan importir
  4. Mengumpulkan dan mengetik data yang dibutuhkan untuk penyusunan kegiatan penyuluhan
  5. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.

 

d. Hasil Kerja :

 

  1. 1.    Kumpulan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya
  2. 2.    Data Perusahaan importir
  3. 3.    Data Angka Pengenal Importir (API)
  4. 4.    Laporan Pengumpulan dan Pengolah data Seksi Impor

 

 

 

 

KEPALA SEKSI

PENGEMBANGAN PASAR

LUAR NEGERI

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            :  KAMALAH, SE

NAMA JABATAN            : KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN PASAR LUAR NEGERI

URAIAN JABATAN

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

Mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan pasar luar negeri

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Penyusunan  program kerja di Seksi Pengembangan  Pasar Luar Negeri
  2. Pengumpulan dan pengolahan bahan perumusan kebijakan dan pembinaan teknis Pengembangan Pasar luar negeri.
  3. Pelaksanaan promosi, penyebaran informasi pasar luar negeri serta peningkatan kerjasama di bidang pengembangan pasar luar negeri
  4.  Pelaksanaan fasilitasi dan koordinasi sesuai dengan lingkup tugasnya.
  5. Penyusunan bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan pasar luar negeri.
  6. Pelaksanaan tugas lain di Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri yang diserahkan oleh Kepala Bidang

 

c. Prosedur Kerja :

 

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  2. Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan.
  3. Menyiapkan data dan bahan untuk promosi
  4. Mengumpulkan dan mengolah serta menganalisis kegiatan promosi
  5. Mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana dan program.
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.

 

d. Hasil Kerja :

  1. Memahami peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya
  2. Rencana Kegiatan Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  3. Tersedianya Bahan Bimbingan teknis, pembinaan iklim usaha, peningkatan kerjasama dunia usaha dan pengembangan pasar luar negeri
  4. Tersedianya Berkembangnya produk-produk yang berorientasi ekspor
  5. Tersedianya Bahan pembinaan dan pengarahan serta petunjuk teknis perdagangan luar negeri
  6. Bahan peningkatan kemampuan pengusaha dalam melaksanakan kegiatan perdagangan luar negeri
  7. Tersedianya bahan identifikasi Potensi Ekspor Daerah
  8. Hasil pelaksanaan rencana dan program pembinaan dan pengendalian kegiatan promosi, meliputi faktor-faktor pendukung dan hambatan serta saran perbaikan atau pemecahan masalah.
  9. Hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan teknis perdagangan Internasional dalam hal promosi

 

URAIAN TUGAS

 

 NAMA PEJABAT              :   DWI YOGA DIANA, SE

NAMA JABATAN         :  STAF SEKSI PENGEMBANGAN PASAR LUAR NEGERI

 URAIAN JABATAN      

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

 

Menghimpun dan memprogramkan data per komoditi dan per  perusahaan sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan pasar luar negeri

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Mengumpulkan dan memprogramkan data sebagai bahan untuk penyusunan program kerja  di Seksi Pengembangan  Pasar Luar Negeri
  2. Pengumpulan data perusahaan yang berorientasi untuk ekspor di internet.
  3. Membantu mencari akses pasar melalui internet dalam rangka peningkatan kerjasama di bidang pengembangan pasar luar negeri.
  4. Membantu menghimpun bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengembangan pasar luar negeri.
  5. Pelaksanaan tugas lain di seksi pengembangan luar negeri yang diserahkan oleh Kepala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

  1.  Menghimpun dan mencatat  data sebagai bahan penyusunan kegiatan Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  2. Menyiapkan data dan bahan untuk promosi
  3. Mengumpulkan dan mengetik data yang dibutuhkan untuk penyusunan kegiatan promosi
  4.  Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.
  5. Melaksanakan tugas, yang diperintahkan atasan

 

d. Hasil Kerja :

  1. Tersedianya kumpulan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya
  2. Tersedianya Data per Komoditi yang berorientasi ekspor
  3. Tersedianya kumpulan data/ buku Identifikasi Potensi Ekspor Daerah
  4. Laporan  Pengumpulan dan Pengolah data Seksi Pengembangan  Pasar Luar Negeri

 

 

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            :  SUPARMAN

NAMA JABATAN         :   STAF SEKSI PENGEMBANGAN PASAR LUAR

                                         NEGERI

URAIAN JABATAN       

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

Menghimpun dan mengklasifikasi data per komoditi sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan pasar luar negeri

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Menghimpun data sebagai bahan untuk penyusunan program kerja di Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  2. Pengumpulan data perusahaan yang berorientasi untuk ekspor di lapangan.
  3. Membantu Pelaksanaan promosi,  penyebaran informasi pasar  luar negeri serta peningkatan kerjasama di bidang pengembangan pasar luar negeri
  4. Membantu menghimpun bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang  pengembangan pasar luar negeri.
  5. Pelaksanaan tugas lain di seksi pengembangan luar negeri yang diserahkan oleh Kepala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

  1. Menghimpun data sebagai bahan penyusunan kegiatan Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  2. Menyiapkan data dan bahan untuk promosi
  3. Mengumpulkan dan mengetik data yang dibutuhkan untuk penyusunan kegiatan promosl
  4. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.
  5. Melaksanakan tugas, yang diperintahkan atasan.

 

 

d. Hasil Kerja:

 

  1. Tersedianya kumpulan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya
  2. Tersedianya data per Komoditi yang berorientasi  ekspor
  3. Terkumpulnya data pameran yang telah diikuti baik di dalam maupun di luar negeri
  4. Kumpulan daftar buyer-buyer dari hasil pameran baik di dalam maupun di luar negeri

 

URAIAN TUGAS

 

NAMA PEJABAT            :  AKHYAR

NAMA JABATAN         :  STAF SEKSI PENGEMBANGAN PASAR LUAR

                                         NEGERI

URAIAN JABATAN       

 

 

a. Ikhtisar Jabatan :

Menghimpun dan mengklasifikasi data per komoditi sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan pasar luar negeri

 

b. Rincian Tugas :

 

  1. Menghimpun data sebagai bahan untuk penyusunan program kerja di   Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  2. Pengumpulan data perusahaan yang berorientasi untuk ekspor di   lapangan.
  3. Membantu Pelaksanaan promosi,  penyebaran informasi pasar  luar negeri serta peningkatan kerjasama di bidang pengembangan pasar luar negeri
  4. Membantu menghimpun bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang  pengembangan pasar luar negeri.
  5. Pelaksanaan tugas lain di seksi pengembangan luar negeri yang diserahkan oleh Kepala Seksi

 

c. Prosedur Kerja :

 

  1. Menghimpun data sebagai bahan penyusunan kegiatan Seksi Pengembangan Pasar Luar Negeri
  2. Menyiapkan data dan bahan untuk promosi
  3. Mengumpulkan dan mengetik data yang dibutuhkan untuk penyusunan kegiatan promosl
  4. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas.
  5. Melaksanakan tugas, yang diperintahkan atasan

 

d. Hasil Kerja:

 

  1. Tersedianya kumpulan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya
  2. Tersedianya data  per Komoditi yang berorientasi  ekspor
  3. Terkumpulnya Data Rencana Pameran
  4. Terkumpulnya bahan-bahan informasi Ekspor
  5. Terkumpulnya leaflet dan profil-profil komoditi sebagai bahan pameran.
  6. Laporan Pengumpulan dan Pengolah data Seksi Pengembangan Pasar luar Negeri