Bidang Perdagangan Dalam Negeri mempunyai tugas menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan teknis di bidang perlindungan konsumen dan tertib niaga, sarana perdagangan dan pengembangan pemasaran produk dalam negeri, barang pokok dan barang penting dan bina usaha perdagangan serta bertanggungjawab memimpin seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di bidang perdagangan dalam negeri dan perlindungan konsumen.

Bidang Perdagangan Dalam Negeri dan Perlindungan Konsumen membawahi :

Seksi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga yang bertugas mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis di bidang perlindungan konsumen dan tertib niaga serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya.  

Seksi Sarana Perdagangan dan Pengembangan Pemasaran Produk Dalam Negeri yang bertugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan teknis bidang sarana perdagangan dan pengembangan pemasaran produk dalam negeri serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya.  

Seksi Barang Pokok dan Barang Penting dan Bina Usaha Perdagangan yang bertugas mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis di bidang barang pokok dan penting dan bina usaha perdagangan serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya.