Menu Utama
Download
Kurs Mata Uang
Berita

Wamendag Lakukan Pengawasan Barang Beredar Dan Lantik BPSK Kota Singkawang

07 Desember 2011, 09:06:42 WIB
Penulis : EDS
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Selasa (6/12) di Singkawang, berkesempatan melakukan pengawasan barang beredar, dan juga melantik para anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Singkawang. Wamendag dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran di wilayah Kota Singkawang, didampingi Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB).



Wamendag melakukan pengawasan terhadap produk Setrika Listrik, Melamin, Baja Tulangan Beton (BjTB) serta distribusi Gula Kristal Rafinasi (GKR). Pelaksanaan pengawasan ini dilakukan dalam rangka pembinaan terhadap standar sosialisasi tentang perlindungan konsumen kepada masyarakat. Juga, untuk memastikan bahwa barang-barang yang dikonsumsi masyarakat telah sesuai dengan peraturan/ketentuan yang berlaku, sehingga dapat menjamin terpenuhinya upaya perlindungan konsumen sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.



Wamendag dalam pelantikan menjelaskan mengenai tugas dan wewenang BPSK yang antara lain menangani dan menyelesaikan sengketa konsumen, melalui mediasi atau arbitrase atau konsiliasi. Bayu Krisnamurthi mengatakan penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan melalui BPSK diselenggarakan untuk mencapai kesepakatan mengenai bentuk dan besarnya ganti rugi dan/atau mengenai tindakan tertentu untuk menjamin tidak akan terjadinya kembali atau tidak terulang kembali kerugian yang diderita konsumen.



Keterangan selengkapnya mengenai pengawasan barang beredar dan pelantikan para anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Singkawang, dapat dibaca dalam siaran pers. (rd)
Berita Lainnya
Bidang dan UPT
Pegawai
Pengunjung
Hari Ini: 669
Total: 72724
Situs Terkait