SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL DAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) BAGI IKM DI KOTA SINGKAWANG

  • 2020-07-28
  • Ajie Tirta
  • Berita Lokal

Dalam rangka peningkatan daya saing produk IKM Kalimantan Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat kembali melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Sertifikasi halal dan Hak Kekayaan Intelektual pada tanggal 23 Juli 2020 di Hotel Dangau Singkawang.

Kegiatan yang diikuti oleh 35 wirausaha industri Kota Singkawang ini dibuka secara resmi oleh Samuel, SE, M.Si, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kalbar serta menghadirkan narasumber Toman Pasaribu, SH., M.H., Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat dan H. Ekhsan, SA., M.Si., Kepala Bidang Urusan Agama Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Kadis Perindag Prov Kalbar menyampaikan bahwa Sertifikasi Halal merupakan salah satu syarat wajib untuk produk pangan olahan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 33 Tahun 2014 dan PP 31 Tahun 2019. Untuk itu Dinas Perindag Prov Kalbar juga berkomitmen untuk terus mendorong standarisasi produk IKM dalam hal ini sertifikasi halal. Selain itu yang menjadi perhatian adalah masih minimnya pendaftaran pada Kementerian Hukum dan Ham terkait pemanfaatan Hak Kekayaan Intelektual, sebagai contoh IKM Kalbar dengan status merk yang sudah terdaftar sejumlah 37 Merk IKM dari 9.465 industri kecil yang ada di Kalimantan Barat.

Tindaklanjut dari kegiatan sosialisasi ini adalah fasilitasi sertifikat halal dan HKI (merek produk) dengan target sejumlah 23 sertifikat halal dan merek produk sejumlah 4 merek produk untuk para pelaku IKM di Kota Singkawang yang mengikuti sosialisasi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama oleh Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Industri (PPI) Disperindag Prov. Kalbar sejak pandemi Covid-19 melanda. Kepala Bidang PPI Mustitomo,ST mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Prov. Kalbar.