RAPAT PEMBAHASAN KETERSEDIAAN STOK BARANG KEBUTUHAN POKOK DI KALIMANTAN BARAT

Dalam rangka mempersiapkan upaya dan langkah-langkah antisipasi terhadap kondisi perkembangan harga barang kebutuhan pokok di Kalimantan Barat sekaligus untuk menciptakan keterpaduan dan sinkronisasi informasi dan data tentang harga, ketersediaan (stok) serta distribusi barang kebutuhan pokok yang diperlukan masyarakat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan pertemuan dengan intansi terkait seperti Dinas Perdagangan Kota dan Kabupaten Kubu Raya, Dinas Pertanian, Biro Perekonomian, BULOG, KSOP, Bea dan Cukai, Pelindo serta Distributor - Distributor Bapok (Beras, Gula, Bawang dll) pada tanggal 14 September 2017 bertempat di Ruang Op-Room Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat, guna membahas ketersediaan stok barang kebutuhan pokok, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Rapat Bapok ini bertujuan untuk menciptakan keterpaduan dan sinkronisasi informasi dan data perkembangan harga dan informasi terakhir terkait kondisi pasokan barang kebutuhan pokok serta mempersiapkan upaya antisipasi terhadap perkembangan harga barang kebutuhan pokok.

Dalam rapat tersebut sekaligus mensosialisasikan dan membahas beberapa Peraturan yang dikeluarkan/ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan, yakni :

  1. Permendag Nomor 20/M-DAG/PER/3/2017 tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok;
  2. Permendag Nomor 57/M-DAG/PER/8/2017 tentang  Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras; dan
  3. Surat Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Nomor 465/PDN/SD/8/2017 perihal Penjualan Gula oleh Perum BULOG. (plp)