Rapat Koordinasi Peningkatan Perdagangan Dalam Kerangka Kerjasama BIMP-EAGA

  • 2019-11-21
  • EDS
  • Berita Lokal

Pada hari Kamis, tanggal 21 November 2019 bertempat di Ruang Meranti 2 Hotel Mercure Pontianak, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan Perdagangan Dalam Kerangka Kerjasama Trade Investment Facilitation Cluster (TIFC) BIMP-EAGA oleh Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Rakor yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Prov. Kalbar mewakili Gubernur Kalimantan Barat, menampilkan tiga orang Nara Sumber yakni Dr.Ir. Donna Gultom, M.Sc selaku Direktur Perundingan ASEAN – Kementerian Perdagangan RI, Ibu Dra. Shelley Sondakh, Executive Secretary BIMP-EAGA Provinsi Sulawesi Selatan dan Ibu Dr. Herkulana Mekarryani S, Msi yang dipandu oleh Kepala Dinas Perindag Prov. Kalbar , Bapak Samuel SE, M.Si.

 

Dalam kata sambutan Gubernur Kalbar yang dibacakan oleh Bapak Drs.Junaidi ,MM disampaikan arti penting dibangunnya kerjasama yang melibatkan beberapa negara, ditengah persaingan ekonomi yang semakin memuncak secara global. Dengan tujuan utama BIMP-EAGA adalah untuk mempercepat pembangunan serta memperkecil kesenjangan ekonomi di kawasan perbatasan antar negara, Indonesia bersama dengan Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina maka keikutsertaan Provinsi Kalimantan Barat dalam BIMP-EAGA diharapkan dapat memberikan sumbangan demi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya untuk wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Ketiga Narasumber tersebut menyajikan data-data terkait potensi, proyeksi serta hambatan dalam pelaksanaan kerjasama Sub-Regional BIMP-EAGA selama ini dan di masa mendatang khususnya di klaster Investasi dan Perdagangan . Arti penting dari kerjasama Sub Regional dengan mengedepankan semangat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) .