Kunjungan Lapangan Kadis Perindag Prov. Kalbar Ke IKM Di Kota Singkawang

  • 2020-07-28
  • Ajie Tirta
  • Berita Lokal

Dalam rangkaian Kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Sertifikasi Halal dan Hak Kekayaan Intelektual di Hotel Dangau Singkawang, Kepala Disperindag Prov. Kalbar. Samuel, SE., M.Si. dan Kepala Disdaginkop dan UKM Kota Singkawang berkesempatan melakukan kunjungan ke IKM produksi Tahu dan Keripik. Kedua IKM yang dikunjungi ini merupakan IKM percontohan hasil binaan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Singkawang, salah satunya dengan bantuan rumah produksi.

Dalam kunjungannya, Kepala Disperindag Prov. Kalbar. Samuel, SE., M.Si. mengatakan bahwa perlu adanya kerja nyata dari pemerintah dalam membantu para pelaku IKM seperti yang telah dilakukan oleh Disdaginkop dan UKM Kota Singkawang. Apa yang menjadi kendala dalam peningkatan daya saing produk IKM Kalimantan Barat, Pemerintah harus hadir untuk membantu. Selain itu, Samuel, SE., M.Si. juga menginstruksikan agar para pelaku IKM yang belum memiliki merek harus dibantu dan yang belum memiliki sertifikat halal harus didorong untuk memilikinya. Lebih lanjut Samuel, SE., M.Si. juga mengapresiasi Pemerintah Kota Singkawang melalui Disdaginkop dan UKM Kota Singkawang yang memberikan bantuan berupa rumah kemasan dan rumah produksi kepada pelaku IKM.

Kepala Disdaginkop dan UKM Kota Singkawang, Drs. H. Muslimin, M.Si. pada saat kunjungan ke IKM mengatakan bahwa sangat menyambut baik kegiatan provinsi yang diadakan di Kota Singkawang. Sinkronisasi kegiatan antara Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu ditingkatkan guna mendorong pelaku IKM untuk lebih berkembang dan permasalahan para pelaku IKM bisa dapat terselesaikan, apalagi IKM Singkawang ditinjau langsung oleh Kepala Disperindag Prov. Kalbar.